Selasa, 03 November 2015

Berbagi cerita tentang Stand Up Comedy

Heyho ! Abrakabarnya ? :v
Jadi tulisan ini akan menceritakan sedikit tentang Standup Comedy yang pernah terjadi dikehidupan gue. Entah sedikitnya kayak gimana , kayaknya sih bakal panjang banget.
Nama gue Bhimo Sakti Herlambang. Asal Depok , Jawa Barat.

Gue kenal Standup Comedy itu kalau nggak salah sejak 1 SMK. Kalau nggak salah ya. Pertama kali nonton Standup Comedy di tv itu di MetroTv. Komiknya Jui Purwoto , Adjis Do'a Ibu , Awwe , Heri Horeh , Mudy Taylor , Ridwan Remin , Acho , Hernawan Yoga , Sammy Notaslimboy , MoSidik , Arif Didu. Pokoknya senior semualah pada waktu itu.
 
Itu dulu , sekarang beda. Soalnya SUC MetroTv yang sekarang cuma tayang 1 minggu itu cuma 1 kali. Kalau dulu 3 kali dalam seminggu. Pernah ada event dari SUC MetroTv , disuruh kasih tema. Akhirnya gue coba ikut dan bagusnya menang. Gue kasih tema "Ganteng-Ganteng Standup Comedy". Kalau mau nonton videonya , ada kok di list favorit Twitter gue @Bhimochi.

Pada kelas 2 SMK , gue mencoba untuk memberanikan diri Standup Comedy didepan banyak orang disekolah gue pada saat kelulusan sekolah. Pecah coy. Senang banget rasanya meskipun cuma dikasih air mineral 2 gelas. Sayangnya , saat ini sudah lupa dengan materi yang pernah gue bawain pada saat itu.

Setelah lulus sekolah , gue semakin serius untuk belajar menjadi Standup Comedian. Tapi sayangnya , gue nganggur. Nggak ada uang buat belajar / openmic. Ya akhirnya gue coba belajar teorinya sendiri aja dirumah. Latihan dirumah , nulis materi , nonton Standup Comedy di tv.

Gue pernah nonton SUCI5 di Balai Kartini 2 kali. Yang pertama itu bintang tamunya Agung Hercules , yang kedua pas Rahmet kedatangan Congli.

Sempat diketawain sama Bang Pandji pas off air. Bang Pandji bilang , "Siapa pendukungnya Rahmet ? Siapa pendukungnya Indra ? Siapa pendukungnya Rigen ?" , tapi gue duduk dipaling depan dan gue teriak "Gue dukung Heri Horeh !". Pandji bilang , "Ehh dia sudah closemic !" , gue lanjutin lagi , "Bodo amat ! Sesama orang Depok harus saling mendukung !". Ya kurang lebihnya sih gitu. Yang penting gue dapat baju oren berlogo SUCI5 , nonton gratis , duduk paling depan.

Sekarang sudah kerja dan gue berpikir bakal bisa terus untuk openmic , tapi kenyataannya , itu sulit. Soalnya jadwal kurang pas dan duitnya kurang. Padahal selama dirumah , gue sering banget nulis materi buat openmic , tapi nggak bisa datang ketempat openmicnya.

Dari nulis materi yang absurd , tentang teman-teman , sampai tentang 'Mantan Gebetan' yang sekarang sudah bergabung dengan JKT48 Gen 4. *Lambaikan tangan kepada Cindy Hapsari Maharani*. Tapi itu masa lalu. Gue kerja di Car*four Kota Kasablanka , Tebet , Jakarta entah sebelah mana. Jadi beberapa bulan yang lalu ada lomba Standup Comedy antar Car*four Jakarta dan Bandung.
 
Ada rasa ngantuk dan kecewa. Jadi misalkan hari ini dikasih tau bakal ada lomba Standup Comedy ditempat kerja , nah besoknya lombanya sudah dimulai. Oke , gue tulis materinya sambil begadang. Setelah selesai , gue tidur sebentar dan paginya langsung berangkat ketempat kerja.

Acara dimulai jam 10 pagi , gue ditempat kerja sejak jam 6 pagi. Gue hafalin materi sambil bungkusin ayam broiler , jadi kurang fokus. Tepat jam 10 , toko buka , gue duduk dibangku peserta. Peserta pertama naik keatas panggung , blablabla , selesai. Kedua dan ketiga juga sama. Giliran keempat , itu giliran gue. Yang bikin gue kecewa adalah , gue nggak dikasih tau kalau bakal disuruh Standup Comedy selama 20 menit. Sedangkan materi gue cuma buat 5 - 7 menit. This is kampret. Over all , gue pecah. Gue senang. Tapi gue nggak berharap untuk menang. Karena kemenangan gue sudah terbukti , yaitu ada yang ketawa karena materi gue. Gue cukup bersyukur saat itu. Alhasil , gue nggak menang. Tapi sejak saat itu , gue jadi sorotan ditempat kerja. Gue jadi dikenal banyak orang disana. Cukup dan cukup senang.

Gue suka banget sama Standup Comedy. Gue pengen menjadi seorang komika. Gue cuma pengen bikin orang-orang ketawa. Tapi sulit. Soalnya gue nggak bergabung dengan komunitas Standup Comedy. Mungkin belum saatnya atau mungkin nggak akan pernah.

Gue sempat bikin semacam tulisan sindiran yaitu #DEPOKetawa. #DEPOKetawa itu maksudnya orang Depok yang suka ketawa. Dalam artian , buat apa sih elo hidup mengeluh terus ? Ayolah , kita ketawa aja. Sebenarnya ini cuma sindiran buat orang-orang yang terlalu serius menjalani hidupnya doang sih.

Memang iya juga sih , gue terlihat kayak orang gila. Sedikit-sedikit ketawa dan bercanda. Biar nggak jenuh aja. Ada pula beberapa orang yang mendorong gue untuk ikut SUCI6. Ya gue cuma bisa berterima kasih untuk yang mendukung gue. Tapi gue masih butuh banyak pembelajaran tentang Standup Comedy. Mungkin gue ikut audisi , mungkin juga nggak ikut. Agak males aja jalan ketempat audisinya.

Entah apa yang ada dipikiran gue selama ini. Gue merasa senang ketika melihat orang-orang tertawa , tersenyum , dan bahagia meskipun nggak banyak orang yang bisa bikin gue mendapatkan itu semua.

Gue senang melihat orang-orang terhibur apalagi terhiburnya karena hal-hal yang gue lakuin.
Mungkin segini aja cerita dari gue.

Salam , Bhimo Sakti Hahaha.
Hanya Manusia Biasa Yang Ingin Membuat Hal-hal Luar Biasa Dengan Wajah Diluar Kebiasaan.

Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar